Selasa, 29 November 2011

Kesimpulan Tentang Sistem Operasi

    Dapat kita simpulkan bahwa lapisan sistem operasi secara umum terdiri atas 4 bagian, yaitu:

1. Perangkat keras

    Lebih berhubungan kepada perancang sistem. Lapisan ini mencakup lapisan 0 dan 1 menurut Tanenbaum, dan level 1 sampai dengan level 4 menurut Stallings.

2. Sistem operasi 
    Lebih berhubungan kepada programer. Lapisan ini mencakup lapisan 2 menurut Tanenbaum, dan level 5 sampai dengan level 7 menurut Stallings.
3. Kelengkapan 
    Lebih berhubungan kepada programer. Lapisan ini mencakup lapisan 3 menurut Tanenbaum, dan level 8 sampai dengan level 11 menurut Stallings.
4. Program aplikasi 
    Lebih berhubungan kepada pengguna aplikasi komputer. Lapisan ini mencakup lapisan 4 dan lapisan 5 menurut   Tanebaum, dan level 12 dan level 13 menurut Stallings.

 
Gambar : Lapisan Sistem Operasi

       Salah satu kesulitan besar dalam sistem terlapis disebabkan karena sebuah lapisan hanya bisa menggunakan lapisan-lapisan dibawahnya, misalnya: backing-store driver, normalnya diatas penjadual CPU sedangkan pada sistem yang besar, penjadwal CPU punya informasi tentang proses yang aktif yang ada di memori. Oleh karena itu, info ini harus dimasukkan dan dikeluarkan dari memori, sehingga membutuhkan backing-store driver dibawah penjadual CPU. Kesulitan lainnya adalah paling tidak efisien dibandingkan tipe lain. Ketika pengguna mengeksekusi M/K, akan mengeksekusi lapisan M/K, lapisan managemen memori, yang memanggil lapisan penjadual CPU.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar