Senin, 07 November 2011

Mengenal Informasi

     Sebelum masuk pada bahasan sistem informasi, kita wajib mengetahui apa itu sistem dan apa itu informasi. Kalo dua arti dari kata itu saja tidak tahu bagaimana akan tahu apabila dibahas lebih mendalam. Informasi merupakan  data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, bisa juga menjadi suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformer alias transformasi data menjadi sesuatu:


                    Informasi == Input -> Proses -> Output
      Nah diatas ada pernyataan bahwa informasi merupakan data bla..bla..bla tapi ini yang ganjel banget tuh sebenernya data tu apa sih? Hahahaha.. ada yang malu-malu kucing tuh mau ngakuin kalo gak tau data itu apa. Data merupakan kolom alias row material untuk suatu informasi. Perbedaan informasi dan data sangar relative, tergantung pada nilai gunanya bagi manajemen yang memerlukan. Suatu informasi bagi level manajemen tertentu bisa menjadi data bagi manajemen level di atasnya, atau sebaliknya. Bagaimana dengan kualitas dari informasi? Kualitas informasi tergantung dari 3 hal, yaitu informasi harus :

1)  Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak biasa atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya.
2)  Tetap pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
3) Relevan, berarti informasi tersebut menpunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar