Selasa, 08 November 2011

Menggali Rahasia Logo OS Linux

Seperti yang kita tau pada umumnya, linux menggunakan logo gambar penguin. Kenapa memilih penguin? Kan masihhhhhhhhhhhh... banyak binatang yang lain. Contoh : kambing, rusa, gajah, buaya, cicak, semut, sapi, kalajengking, kucing, ular, ikan, monyet, srigala.
Nah kan betapa banyaknya hewan kenapa yang dipilih hanya penguin? Nah sebenrnya ada cerita menarik dibalik ini semua. Ini merupakan pengungkapan rahasia.  Ahahhahaha.

Baiklah kita serius. Saat  itu sang legendaries, linus sedang berjalan-jalan bersama Andrew Tridgell di sebuah taman. Tiba-tiba dan tak terduga linus eh dipatok ma tu penguin dan semenjak itu, dia mengalami demam selama berhari-hari. Dia pikir karakter ini cocok untuk mewakili linux. Dia ingin pemakainya menjadi demam alias tergila-gila untuk menggunakan dan mengoprek linux.

Dan ternyata, apa yang dibayangkan menjadi kenyataan.  Hampir setiap pemakai saat pertama kali berkenalan dengan linux, mengalami gejala-gejala susah tidur dan cenderung menghabiskan waktunya berjam-jam, berhari-hari bahkan berbulan-bulan (itu mah keterlaluan) di depan computer untuk bermain dengan linux.

Visualisasi logonya dikompetisikan kepada umum lewat diskusi pada mailoing list linux kernel. Pencetusnya adalah Alan Cox, dan logo terpilih diberi nama Tux, dibuat oleh Larry Ewing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar