Senin, 07 November 2011

Pembagian Sistem


Pembagi - Bagian Sistem

Pada artiket sebelumnya saya sudah bahas mengenai apa sih system itu sebagai pendahuluan atau pembukaan. Nah sekrang waktunya saya melanjutkan untuk memberikan pencerahan atau  pendalaman materi. Dalam sebuah system dapat dibagi-bagi atau diklasifikasikan menjadi 4 kelompok, berikut klasifikasinya:
a.  Sistem abstrak ; sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik (sistem teologia). Sistem fisik ; merupakan sistem yang ada secara fisik (sistem komputer, sistem akuntansi, sistem produksi,dll.

b.  Sistem alamiah ; sistem yang terjadi melalui proses alam. (sistem matahari, sistem luar angkasa, sistem reproduksi dll. Sistem buatan manusia ; sistem yang dirancang oleh manusia. Sistem buatan manusia yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin disebut humanmachine system (contoh ; sistem informasi) 

c.  Sistem Tertentu (deterministic system) ; beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Interaksi bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan (contoh ; sistem komputer) Sistem tak tentu (probabilistic system) sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.
d.  Sistem tertutup (close system) ; sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan sistem luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak luarnya. Secara teoritis sistem tersebut ada, tetapi kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, yang ada hanyalah relatively closed system (secara relatif tertutup, tidak benar-benar tertutup). Sistem terbuka (open system) ; sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya.

1 komentar:

  1. saran aja min.
    setiap ada postingan, diusahakan untuk mencantumkan sumbernya, dari buku mana dan siapa penulisnya. biar lebih kredibel dan ilmiah.

    BalasHapus